Home » , » Cara Meresume Yang Gagal Pada IDM

Cara Meresume Yang Gagal Pada IDM

IDM terkadang gagal untuk melakukan resume ketika download sempat dipause, inilah masalah yang akan kita bahas disini. Kali ini saya akan membahas artikel tentang bagaimana sih caranya meresume download IDM yang sempat gagal diresume.

Tadi pagi saya download file pdf lewat IDM tetapi waktu sudah sampai 51% koneksi internetnya putus kemudian saya resume berkali-kali tetapi tetap tidak bisa, pasti disuruh download dari awal lagi. Padahal koneksi internet di sini super lemot, tidak mungkin kalau diulang lagi.

Ini penampakan gambar ketika IDM gagal diresume pada saat mendownload file.


Cara Meresume Download yang Gagal pada IDM

Mendadak saya berpikir "bagaimana ya caranya agar bisa saya resume lagi?" Lama berpiikir tetapi tidak muncul ide, terpaksa saya ulang download dari awal. 

Pada saat sudah download ulang sambil nunggu saya berpikir lagi "cari cara ah agar downloadnya tidak harus diulang dari awal!!" Lalu saya terpikir "kenapa tidak diganti saja address lama dengan address yang baru?? kan yang ada masalah pada session download kita yang sudah expired." Terus saya coba saja ganti address file download yang pertama sama address download yang kedua, dan ternyata wusss!! "bisa diresume!!" Akhirnya saya tidak jadi download dari awal lagi. 

Mungkin trik ini sepele dan mungkin sudah banyak yang pakai, tetapi tidak apalah kan ini ide murni dari saya sendiri bukan dari orang lain dan berhasil pula.

Kalau masih bingung dengan cerita di atas, saya kasih detailnya saja. Sebenarnya bagaimana sih cara mengatasi download yang tidak bisa diresume? Begini caranya :

1. Buka IDMt, dan cari file yang didownload sobat yang tidak bisa diresume.

2. Klik pada file itu, terus coba diresume.

Cara Meresume Download yang Gagal pada IDM

3. Jika muncul tulisan seperti gambar di bawah ini, maka masalahnya sama seperti yang saya alami. Langsung klik OK.

Cara Meresume Download yang Gagal pada IDM
4. Tunggu sampai keluar alamat download baru muncul. Kalau sudah, download file itu seperti biasa. Klik start lalu pause.
UPDATE : (Untuk cara lebih singkat tidak perlu distart langsung aja copy urlnya. Jika menggunakan cara ini lewati langkah no. 5 karena urlnya sama seperti addressnya.)

Cara Meresume Download yang Gagal pada IDM

5. Klik dua kali. Dan copy alamat pada Address. Klik OK. (gambar hampir sama seperti langkah no. 6)

6. Lalu klik dua kali pada download yang dulu, ganti addressnya dengan yang baru. Klik OK.

Cara Meresume Download yang Gagal pada IDM

7. Coba sekarang resume download yang lama. Dan liat apakah trik ini berhasil?

Cara Meresume Download yang Gagal pada IDM

Mungkin sudah banyak yang tau trik ini, tetapi semoga trik sederhana ini masih bermanfaat bagi kalian semua.

0 comments: